Penutupan Bimtek Pemetaan Tahura Angkatan II


Bimtek Pemetaan Untuk Tahura Angkatan II telah ditutup pada Jumat, 9 Maret 2018. Kegiatan yang diawali pada Senin, 5 Maret 2018 ditutup oleh Kepala Sub Direktorat Inventarisasi dan Informasi Konservasi Alam, Drs. Toto Indraswanto, M.Sc. mewakili Direktur PIKA yang sedang melaksanakan perjalanan dinas ke Florida, Amerika Serikat. Bimtek Angkatan II ini diikuti oleh 23 orang yang berasal dari 18 UPTD Tahura dan 1 peserta dari Dinas Kabupaten Maluku Barat Daya yang sedang dalam proses pembentukan Tahura.

Di hari terakhir kegiatan, peserta mempresentasikan peta arahan blok yang dihasilkan dari aplikasi yang diajarkan selama Bimtek. Dari presentasi tersebut, peserta memperoleh masukan dan saran dari para narasumber untuk menyempurnakan peta arahan pengelolaan yang dibuat. Peta arahan pengelolaan KK tersebut selanjutnya dianalisa dan dicermati oleh para pimpinan UPTD, yang kemudian menjadi peta arahan blok. Peta arahan blok ini kemudian dikonsultasi publikkan kepada dinas instansi terkait, masyarakat, dan NGO. Pasca konsultasi publik itulah resmi menjadi peta blok/zonasi.

Tahap terakhir, peta blok tersebut diberi narasi dan analisis pada masing-masing bloki yang berpedoman pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P. 76/Menlhk-Setjen/2015 tentang Kriteria Zona Pengelolaan Taman Nasional dan Blok Pengelolaan Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam. Dokumen ini kemudian diajukan ke Ditjen KSDAE untuk mendapat pengesahan. Peta Blok pengelolaan KK yang telah disahkan inilah yang menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Pengelolaan Kawasan Konservasi.

Selama kegiatan Bimtek Tahura total 34 peta arahan pengelolaan KK dihasilkan oleh para peserta, 15 dari Angkatan I dan 19 dari angkatan II.

Di akhir kegiatan, peserta memberikan pesan kesan selama mengikuti Bimtek. Berikut beberapa kesan dan pesan dari peserta:

 

“ Kegiatan yang sangat baik,  dan lewat kegiatan ini kami memperoleh ilmu yang sangat memuaskan, walaupun dengan keterbatasan waktu yang ada, namun harapan kami ada lagi kegiatan lanjutan. Terima kasih kami sampaikan Bapak Ibu instruktur dan Panitia yang sudah memberikan materi dan fasilitas serta akomodasi ”

 

“ Terima kasih sebelumnya kepada teman teman dari PIKA dengan adanya bimtek ini saya yang tadinya belum mengerti menjadi mengerti walau masih banyak kekuranganya..trus dengan adanya bimtek ini bisa menjalin silaturahmi dari berbagai daerah..trus saya pribdi juga mohon maaf kalau selama di sini masih banyak kekurangan. Kesan saya dari bimtek ini sudah baik, baik dari segi akomodasi, instrukturnya yang sangat pintar tapi kalau bisa mohon di tambah lagi karena waktu pengarahan hendaknya kami didampingi mengingat pengetahuan kami yang sangat kurang, pelatihan dalam ruangannya cukup santai ”

 

 “ Pesan, Bapak/Ibu pembimbing kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas diadakannya kegiatan BIMTEK GIS ini, biarpun hanya sedikit yang terserap dan memang kita maklumi hanya waktulah yang menjadi masalah dan terlalu singkat tapi tidak putus semangat kami tetap mendukung dan mengikuti kegiatan ini dengan mantap dan penuh semangat. Kami tetap mengharap mudah-mudahan kedepannya dapat mengadakan kegiatan seperti ini kembali untuk memperdalam ilmu yang sama/lanjutan. Kesan: Bapak/Ibu pembimbing bisa membimbing kami dengan penuh kesabaran, nyaman dan penuh perhatian. Pelayanan, persiapan baik sarana maupun prasarana yang sangat mewah”

 

“ Alhamdulillah dan terimakasih yg sebesar-besarnya kepada para pembimbing yang telah memberikan ilmu kepada kami dan membimbing kami dengan sabar dan tenang, dan kepada teman-teman peserta terima kasih juga sudah bersama-sama pusing selama beberapa hari ini. Pelatihan ini sangat bermanfaat buat kami.”




Berita Seputar PIKA

Bimtek Pemetaan III, Bimtek Terakhir PIKA di tahun 2018
Bimbingan Teknis dan Supervisi Inventarisasi Potensi Kawasan Konservasi di Balai KSDA Kalimantan Tengah
Penutupan Bimtek Pemetaan Tahura Angkatan II
PERAN SULTAN DAN RAJA DALAM PENUNJUKAN KAWASAN KONSERVASI DAN PELESTARIAN JENIS (1920 – 1938)
Bimtek Pemetaan untuk Tahura Angkatan I (26 Februari - 3 Maret 2018)
Bimbingan Teknis/Supervisi Terkait Penyusunan Penataan Blok Kawasan Konservasi di BBKSDA Papua Barat
" Taman Buru", si Anak Tiri dari Kawasan Hutan Konservasi
Katalog Kawasan Pemulihan Ekosistem Indonesia
PENILAIAN 23 (DUA PULUH TIGA) RANCANGAN BLOK KK BALAI BESAR KSDA JAWA BARAT
PENUTUPAN MAGANG GIS PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI ANGKATAN VIII (20 – 26 Oktober 2017)
PERCEPATAN PENATAAN KAWASAN KONSERVASI
MAGANG GIS UNTUK PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MODEL ANALISA SPASIAL ANGKATAN VIII (16 – 20 OKTOBER 2017)
KESAN PESAN PESERTA MAGANG GIS PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI ANGKATAN VII
Surat Perihal Data Desa Sekitar Kawasan Konservasi
Surat Perihal Peta Open Area dalam Kawasan Konservasi
MAGANG GIS UNTUK PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI ANGKATAN 7 (2 – 6 OKTOBER 2017) DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MODEL ANALISA SPASIAL
Perpres RI No. 88 Tahun 2017
Undangan Magang GIS Angkatan 7 dan 8
Step to Step Mengunduh Citra Landsat, MODIS di USGS EarthExplorer
Gelombang II: In House Training GIS Dit. PIKA
In House Traning GIS Dit. PIKA
Surat Edaran Pemberian Data dan Informasi Spasial Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Petunjuk Teknis Aplikasi Model Analisa Spasial dalam Pembuatan Peta Arahan Kawasan Konservasi
Hasil Target B04T17 UPT tentang Renaksi Percepatan Kebijakan Satu Peta
Penyelenggaraan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2017
Birding and Photo Competition Matalawa
Apa Kesan Peserta Magang dan Bimtek Pemetaan GIS Direktorat PIKA?
Kunjungan Kerja Direktur PIKA Ke Taman Nasional Komodo
Peta Arahan Pengelolaan Kawasan Konservasi Hasil Magang GIS Tahun 2017
Acara Pelepasan Kepala Sub Direktorat Inventarisasi dan Informasi Kawasan Konservasi, Ir. Kuspriyadi Sulistyo, MP
Lowongan/Rekrutmen Fasilitator Desa Forest Programme III Sulawesi
Capaian Peserta Magang GIS Angkatan 1
Perubahan Jadwal Program Magang GIS untuk Pemetaan Arahan ZOna/Blok KK
CD DIGITAL MAP DALAM RANGKA CAPAIAN KEBIJAKAN SATU PETA


KemenLHK