Serunya Belajar sambil Outing Pada Peningkatan Kapasitas ASN Direktorat PIKA Tahun 2018


“ Kinerja Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam sudah baik dengan dibuktikan dengan pencapaian target kinerja yang tiap tahunnya selalu baik. Selain itu prestasi yang telah dicapai dengan tidak adanya tunggakan-tunggakan pekerjaan dan juga capaian kinerja telah melewati target Renstra Lima Tahun. Saya juga berpesan kepada rombongan Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam  agar dalam mengikuti kegiatan ini tetap diutamakan kebersamaan selalu. Sengaja kita ke Yogyakarta ini untuk mengunjungi beberapa contoh pemanfaatan hutan untuk masyarakat yaitu di Wisata Kalibiru dan Hutan Mangunan. Saya berharap para peserta  untuk mempelajari pengelolaan wisata hutan oleh masyarakat yang telah berhasil di kawasan hutan dan juga semangat kerja para pengelola wisata yang ada di lokasi outing, sehingga dapat diimplementasikan dalam  pekerjaan kita sehari hari “  Demikian arahan Ir. Listya Kusumawardhani, M.Sc selaku Direktur Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam pada acara pembukaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam Tahun 2018 di Hotel Pesona Malioboro Yogyakarta.  Yang kemudian acara pembukaan ini dilanjutkan dengan acara ramah tamah dari pegawai untuk pegawai berupa menyanyi. 

Acara pembukaan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam Tahun 2018. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pegawai selain juga menambah  kekompakan, semangat kerja, serta untuk melepas lelah sejenak dari beban pekerjaan maka Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam Kementerian LHK, pada tanggal 23 s.d 25 (Kamis sampai Sabtu) mengadakan pembinaan pegawai berupa kunjungan ke lokasi pemanfatan hutan, outing (aktivitas diluar ruangan) dan wisata bagi para karyawannya.  

Desa wisata Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo yang berada sekitar 2 Km  dari tempat wisata Waduk Sremo menjadi pilihan lokasi pembinaan pegawai Direktorat PIKA. Desa wisata ini terletak di Hargowilis Kokap Kulonprogo pada ketinggian 450 Mdpl dikawasan perbukitan Menoreh. Kegiatan yang diberi nama Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam ini diikuti oleh 58  peserta dari semua eselon 3 dan 4 serta staf yang ada di Direktorat PIKA. Mulai dari Direktur, Kepala Sub Direktorat, Kepala Seksi, Kepala Subag, Fungsional PEH, Fungsional Umum, dan Tenaga Kontrak. 

Pelaksanaan outing yang dilaksanakan di depan rumah Joglo Wisata Kalibiru ini dimulai dengan pemanasan melalui salam semangat. Selanjutnya peserta diajak mengikuti permainan mulai dari permainan yang melatih konsentrasi, fokus pikiran, berlatih berpikir cepat dan tepat, berlatih menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri, hingga permainan yang mengutamakan kerjasama tim. Dari beberapa permainan itu terlihat keakraban dari tiap peserta. Tidak ada kesenjangan dan jarak dari masing masing peserta, semua membaur jadi satu. Rombongan Direktorat PIKA juga berkesempatan untuk wawancara kepada Pak Parjan, masyarakat yang mengelola Wisata Kalibiru. Setelah rangkaian beberapa kegiatan dan permainan tersebut selesai, peserta dipersilahkan untuk melakukan sesi photo di spot-spot wisata Kali Biru yang terkenal bagus.

Hari terakhir, sebelum kembali ke Jakarta, Tim rombongan Direktorat PIKA mengunjungi lokasi pemanfaatan hutan sebagai tujuan wisata yang dikelola oleh masyarakat ke Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan dan Wisata Seribu Watu Songgolangit Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta. Berkesempatan juga tim rombongan Direktorat PIKA bersilahturami dengan Bapak Ipung sebagai pengelola Wisata Seribu Watu Songgolangit. Akhirnya setelah selesai rangkaian acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam, rombongan menuju ke Bandara Adisucipto untuk kembali ke Jakarta dengan pesawat.

Sumber berita : Mugiharto HP, S.Hut, MSi – PEH Muda Direktorat PIKA

 




Berita Seputar PIKA

Workshop Teknis Pengelolaan Portal Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia
Penataan Blok Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaifuddin- Jambi
Serunya Belajar sambil Outing Pada Peningkatan Kapasitas ASN Direktorat PIKA Tahun 2018
PELUNCURAN AWAL PORTAL BALAI KLIRING KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA
Inilah 3 Cagar Biosfer Baru di Indonesia
Bimtek Pemetaan III, Bimtek Terakhir PIKA di tahun 2018
Bimbingan Teknis dan Supervisi Inventarisasi Potensi Kawasan Konservasi di Balai KSDA Kalimantan Tengah
Penutupan Bimtek Pemetaan Tahura Angkatan II
PERAN SULTAN DAN RAJA DALAM PENUNJUKAN KAWASAN KONSERVASI DAN PELESTARIAN JENIS (1920 – 1938)
Bimtek Pemetaan untuk Tahura Angkatan I (26 Februari - 3 Maret 2018)
Bimbingan Teknis/Supervisi Terkait Penyusunan Penataan Blok Kawasan Konservasi di BBKSDA Papua Barat
" Taman Buru", si Anak Tiri dari Kawasan Hutan Konservasi
Katalog Kawasan Pemulihan Ekosistem Indonesia
PENILAIAN 23 (DUA PULUH TIGA) RANCANGAN BLOK KK BALAI BESAR KSDA JAWA BARAT
PENUTUPAN MAGANG GIS PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI ANGKATAN VIII (20 – 26 Oktober 2017)
PERCEPATAN PENATAAN KAWASAN KONSERVASI
MAGANG GIS UNTUK PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MODEL ANALISA SPASIAL ANGKATAN VIII (16 – 20 OKTOBER 2017)
KESAN PESAN PESERTA MAGANG GIS PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI ANGKATAN VII
Surat Perihal Data Desa Sekitar Kawasan Konservasi
Surat Perihal Peta Open Area dalam Kawasan Konservasi
MAGANG GIS UNTUK PEMBUATAN PETA ARAHAN PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI ANGKATAN 7 (2 – 6 OKTOBER 2017) DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MODEL ANALISA SPASIAL
Perpres RI No. 88 Tahun 2017
Undangan Magang GIS Angkatan 7 dan 8
Step to Step Mengunduh Citra Landsat, MODIS di USGS EarthExplorer
Gelombang II: In House Training GIS Dit. PIKA
In House Traning GIS Dit. PIKA
Surat Edaran Pemberian Data dan Informasi Spasial Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Petunjuk Teknis Aplikasi Model Analisa Spasial dalam Pembuatan Peta Arahan Kawasan Konservasi
Hasil Target B04T17 UPT tentang Renaksi Percepatan Kebijakan Satu Peta
Penyelenggaraan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2017
Birding and Photo Competition Matalawa
Apa Kesan Peserta Magang dan Bimtek Pemetaan GIS Direktorat PIKA?
Kunjungan Kerja Direktur PIKA Ke Taman Nasional Komodo
Peta Arahan Pengelolaan Kawasan Konservasi Hasil Magang GIS Tahun 2017
Acara Pelepasan Kepala Sub Direktorat Inventarisasi dan Informasi Kawasan Konservasi, Ir. Kuspriyadi Sulistyo, MP
Lowongan/Rekrutmen Fasilitator Desa Forest Programme III Sulawesi
Capaian Peserta Magang GIS Angkatan 1
Perubahan Jadwal Program Magang GIS untuk Pemetaan Arahan ZOna/Blok KK
CD DIGITAL MAP DALAM RANGKA CAPAIAN KEBIJAKAN SATU PETA


KemenLHK